Minggu, 09 Juni 2019

Air Terjun Mempesona di Balik Kota Pati

Posted at  10.10  |  in  

Pati adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Dengan ibu kota yaitu pati. Pati berbatasan dengan laut Jawa di utara, Kabupaten Rembang di timur, Kabupaten Blora dan Kabupaten Grobogan di selatan serta Kabupaten Kudus dan Kabupaten Jepara di barat. Hal ini mempengaruhi munculnya keindahan alam khas diantaranya adalah air terjun, selain menampilkan indahnya air jatuh dari atas beberapa air terjun ini juga menawarkan keindahan pemandangan pegunungan yang wow... Berikut beberapa ulasannya :


1. Air Terjun Tadah Hujan
Air Terjun Tadah Hujan berada di desa sukolilo, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Melalui jalan Raya Pati-Purwodadi menuju ke timur, air terjun yang memiliki tinggi sekitar 75 meter memilki kolam alami dibawahnya dan juga tidak jauh terdapat kolam kecil yang berisi air bersih dan jernih untuk kebutuhan desa. Pohon – pohon besar yang tumbuh subur menjadi payung alam yang membuat kawasan menjadi teduh.

2. Air Terjun Lorotan Semar
Air Terjun lorotan Semar terletak di dukuh Ngalingan Desa Sumbersari kecamatan kayen kabupaten pati di sekitar pegunungan kendeng. Air terjun ini tidak seperti air terjun pada umumnya yang tegak, tetapi lebih landai karena itu disebut lorotan (prosotan). Karena lokasinya sangat strategis didekat jalan yang mehubungkan kecamatan kayen dan desa beketel, dari RSUD Kayen sekitar 7 km jaraknya. Ceritanya diberi nama Semar karena air terjun ini sering digunakan semar ( tokoh pewayangan) untuk bermain.

3. Air Terjun Tretes
Air terjun Tretes merupakan air terjun yang terletak di desa gunung sari, Kecamatan Tlogowungu kab Pati, Jawa Tengah, dengan karakteristik kecil dan memilki debit air yang besar. 1 Km sebelum sampai di air terjun lebih baik memarkirkan kendaraan dan memulai jalan, biaya parkir kurang lebih Rp 3000.

4. Air Terjun Sekar Gading
Berjarak 27 km dari kota pati, Air terjun sekar gading terletak di desa Plukaran terletak di kecamatan Gembong Kabupaten Pati Jawa Tengah. Paduan air yang bening, lebatnya tumbuhan dan terletak dilereng pegunungan muria menambah suasana sejuk. Keunikan air terjun ini adalah terdapat 2 pancuran yang saling bertemu yang diapit oleh tebing. Untuk kesana pengunjung harus berhati – hati karena harus melewati tebing sepanjang 50 meter untuk sampai kesana.

5. Air Terjun Gemarang
Air Terjun Gemarang berada di kawasan wisata bukit jolong 2, berjarak setidaknya 40 menit dari pusat kota pati. Air terjun ini ini berlokasi kurang lebih 1 km dari bukit naga. Akses meuju lokasi memang bisa ditempuh dengan sepeda motor, namun kendaraan harus dipersiapkan dengan baik karena kondisi jalan berbatu.

Share this post

Tentang Paresmapa

Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati
BaseCamp: SMAN 1 Pati, Jl. Panglima Sudirman 24 Pati, kode pos 59113
email: paresmapa@gmail.com Google+. Facebook. Twitter.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 PARESMAPA || Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati ||. Template by Bloggertheme9
Powered by Paresmapa Team.
back to top