Minggu, 26 Mei 2019

Jadilah Pendaki Pintar

Posted at  20.12  |  in  

Mendaki gunung kini telah menjadi tren di kalangan anak muda. Meskipun terbilang olahraga yang berat dan penuh resiko,  peminat olahraga ini bukan hanya dari kaum adam saja loh, banyak juga dari kaum hawa yang menggeluti kegiatan penuh tantangan ini. Tidak hanya dari mereka yang aktif di kegiatan pencinta alam, namun juga dilakukan oleh kalangan anak muda yang masih awam mengenai kegiatan pendakian. Puncak-puncak gunung menjadi pembuktian mereka untuk mencari jati diri, dan banyak juga yang mendaki guna eksis di sosial media.
Mendaki gunung sejatinya adalah kegiatan yang menyenangkan, tapi tak semudah apa yang kalian bayangkan. Mendaki gunug tidak hanya sekedar mendaki. Butuh persiapan yang khusus dan mempunyai ilmu yang diandalkan. Sebelum mendaki hendaknya rencanakan dulu perjalanan pendakian, buatlah perencanaan yang sempurna, pastikan memiliki pemahaman yang lurus saat melangkahkan kaki ke alam rimba.
Jadilah pendaki yang pintar, ketahuilah apa apa saja yang perlu dipersiapkan, mulai dari merencanakan rute pendakian, menyusun perlengkapan dan perbekalan,  bagaimana cara packing yang benar, apa yang harus diwaspadai di gunung, bagaimana mengurus perizinan, bagaimana dengan makanan, obat-obatan, memasang tenda, teknik mendaki yang benar, bahkan sampai mencari solusi menghadapi kondisi alam yang diluar pikiran.
Dalam mendaki, kita juga harus mempunyai etika. Etika dalam mendaki penting untuk kita perhatikan. Banyak aturan tidak tertulis yang patut kita perhatikan saat mendaki gunung. Seperti membawa turun kembali sampah yang kita buang, menaati norma-norma dan adat istiadat setempat, bersikap sopan,  jaga perilaku, dan hindari perkataan kotor. Ingatlah saat memasuki hutan kita adalah tamu, hendaklah menjadi tamu yang baik, jangan membuat kegaduhan disana atau merusak apapun yang ada di sana, jangan bertindak asusila atau hal-hal lain yang melanggar norma-norma daeah setempat.
Ingatlah sobat, Mendaki gunung bukanlah menaklukan tingginya sebuah gunung, mendaki gunung adalah seni untuk menaklukan diri sendiri, menaklukan kesombongan diri sendiri, dan mengendalikan diri sendiri. Jadilah pendaki yang bersikap dewasa dan bertanggung jawab. Dengan sikap yang tepat, alam bebas akan dengan senang hati menyambut kita:)

Share this post

Tentang Paresmapa

Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati
BaseCamp: SMAN 1 Pati, Jl. Panglima Sudirman 24 Pati, kode pos 59113
email: paresmapa@gmail.com Google+. Facebook. Twitter.

1 komentar:

  1. What we most loved was lounging across the room in the super-comfy Linum tub robes. We introduced our own iPad, paired it with the TV, then set the mood for the rest of|the remainder of} the night by placing “The Hangover” on in the background. I want might say|lets say|let's imagine} later that night time we loved anything close to 코인카지노 the kind of blackjack heater that Zach Galifinakis’ character had in the movie. Marking its 150th yr in business, Gilbane continues to be a privately held, family-owned company with greater than forty five office places worldwide. A minimum deposit of $10 is required to be eligible for the deal, which is elective. Welcome provides must be claimed inside 7 days and have a minimum wagering requirement of 70x.

    BalasHapus

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 PARESMAPA || Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati ||. Template by Bloggertheme9
Powered by Paresmapa Team.
back to top