Senin, 08 Januari 2018

Posted at  05.18  |  in  

PENGALAMAN MUNCAK DI PUNCAK 29


Pada postingan saya kali ini saya akan berbagi pengalaman muncak di perbukitan Wukir Rahtawu (puncak 29) gunung muruia Kudus jawa tengah.  Rahtawu sebenarnya adalah nama desa di lereng gunung muria yang masuk dalam kecamatan gebog, bagi masyarakat kudus dikenal bahwa desa ini menyimpan banyak misteri.
Puncak 29 memiliki ketinggian 1.602 mdpl. Jalur pendakian menuju puncak 29 ini ada dua yaitu jalur rahtawu dan jalur tempur.
Pendakian ini kami lakukan pada sabtu 30 januari 2018. Kami berangkat dari salah satu masjid Baitul Qodir, desa puri kecamatan Pati (samping SMA N 1 Pati) sekitar pukul 07.00 WIB. Kami berangkat menggunkan sepeda motor. Anggotanya yaitu terdiri dari saya (ika), isna, galuh, mamah (aprilia), ana, intan, mas fikru, mas yandi, mas ajik, anung, dan faza. Di tengah-tengah perjalanan kami berhenti di salah satu daerah kudus untuk menunggu anggota lain yang mau ikut yaitu mas maul. Setelah itu kami berangkat dari situ menuju desa Rahtawu. Setelah sampai di desa rahtawu kami memakirkan motor di tempat parker terdekat. Lalu kami membeli karcis senilai 3000 per orang. Setelah membeli karcis kami memulai perjalanan untuk memdaki puncak 29 ini dengan membawa tas yang berisi perbekalan dan perlengkapan yang dibutuhkan.
Sebelumnya kita juga tidak lupa untuk berdoa terlebih daluhu agar senantiasa diberi keselamatan dan selamat sampai tujuan. Di awal pendakian kita langsung disuguhi pemandangan yang hijau dan indah. Agar tidak merasa bosan atau boring dalam perjalanan kita isi dengan berbagai obrolan-obrolan lucu, yang kami tertawa. Manurut saya jalur yang kami lewati ini agak naik sehingga kami juga sering istirahat di sepanjang perjalanan untuk mengisi tenaga. Kami juga berheti di setiap pos-pos yang ada di sana. Ternyata pos di sana tersebut menyediakan jasa penginapan dan menjual berbagi macam makanan dan minuman yang hangat. Pada waktu istrahat di pos 2 mas fikru membeli kopi dan anung membeli gorengan. Sementara galuh mulai lemas karena ia merasa lapar.
Setelah dari pos 2 kami melanjutkan perjalanan. Dan seperti biasa kami sering istirahat di jalan apabila kita merasa capek karena medannya naik. Jadi seolah-olah tenaga kami habis dan sanagat merasa lelah. Kami menuju ke sendang buton terlebih dahulu karena menurut pengalaman mas yandi di sana ada mushola yang dapat di gunakan untuk tempat istirahat dan sholat.
Dan tidak begitu lama kami sudah sampai di sendang buton. Di sana kami beristirahat dan membeli makanan serta mengisis persediaan air kami. Setelah waktu istirahat kami rasa sudah cukup, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak. Dari dendang buton tersebut jalan yang kami tempuh lumayan datar sehingga kami tidak terlalu capek. Tapi semakin mendekati puncak jalanya semakin naik dan banyak batuan-batuan, sehingga agak sulit di lalui.
Setelah melewati itu semua akhirnya kami sampai di puncak 29 yang ditandai dengan gapura merah yang seolah-olqh menyambut kita. Di sana terdapat sebuah bangunan seperti bangunan Hindu atau Budha dan di sana juga terdapat dua warung yang menyediakan tempat penginapan dan menjual makanan serta minuman. Di sana kami makan siang dengan bekal yang kami bawa dari rumah, sebagian lagi ada yang membeli makanan di warung tersebut. Kita di sana melebat capek dan bercanda-bercanda ringan. Setelah kami rasa cukup kami berfoto-foto bersama di sana.
Setelah pukul 14.00 WIB kami packing barang-barang kami dan melanjutkan perjalanan untuk turun. Di saat perjalanan kami berjalan beriringan sambil becanda dan bernyayi bersama. Setelah itu kami singgah kembali di sendang buton untuk sholat dhuhur dan ashar. Sholatnya kami jamak karena waktu sholat dzuhur kelewat. Di sana kami cuci muka  dan melaksanakan sholat berjamah. Selanjutnya kami  melanjutkan perjalanan turun.

Akhirnya kami sampai di tempat parkir di sana kami membeli siomay bersama-sama. Setelah itu kami melanjutkan pulang ke Pati. Kami tiba di Pati sekitar waktu 19.00 WIB.A

Share this post

Tentang Paresmapa

Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati
BaseCamp: SMAN 1 Pati, Jl. Panglima Sudirman 24 Pati, kode pos 59113
email: paresmapa@gmail.com Google+. Facebook. Twitter.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 PARESMAPA || Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati ||. Template by Bloggertheme9
Powered by Paresmapa Team.
back to top