Rabu, 22 November 2017

Posted at  04.22  |  in  

Pola Pencarian SAR

Search and Rescue (SAR) diartikan sebagai usaha dan kegiatan kemanusiaan untuk mencari dan memberikan pertlongan kepada manusia dengan kegiatan yang meliputi mencari, menolong, dan menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau dikhawatirkan hilang atau menghadapi bahaya dalam bencana atau musibah.
Pengarahan pada operasi pencarian SAR yang dilakukan sebaiknya menggunakan checklist seperti Situasi, Cuaca, Area Pencarian, dan Pola Pencarian. Terkait dengan judul artikel ini, kami akan membahas Pola Pencarian SAR.

Penjelasan Pola Pencarian SAR :

  1.  Track Line
Pola pencarian seperti 1 garis lurus maju ke depan, dimana jarak antar pencari ±2m. Cocok untuk daerah berbukit dengan kontur tidak terlalu ekstrim. Korbany di anggap tidak berada pada jalan setapak di jalur pendakian, tapi masih dekat dengan jalur tersebut.

        2.      Track
Pola ini dipakai jika korban dan jalur perjalanan yang direncanakan akan dilewati oleh korban merupakan satu-satunya informasi yang ada. Selain itu korbany juga dianyggap masih atau berada pada jalur rute pendakian.

        3.      Paralel
Daerah pencarian luas tapi medannya datar. Hanya mempunyai posisi duga. Sangat baik untuk daerah pencarian yanyg berbentuk segi empat.

       4.      Creeping Line
Daerah pencarian sempit, panjjang, dan kondisinya cukup rata serta datar. Kalau di punggungan gunung, tim pencari dengan pola ini akan turun ke jurang-jurang atau dataran yang lebih rendah.

       5.      Square
Biasanya digunakan pada medan yang datar. Dengan pola ini posisi duga harus merupakan kemungkinan yang tepat. Pembelokkan tidak sembarangan, tapi dengan perhitungan yang matang.

       6.      Sector
Lokasi atau posisi korban sudah diketahui dan daerah pencarian tidak begitu luas serta berbentuk lingkaran. Rute regu pencari berbentuk segitiga sama sisi.

       7.      Contour
Digunakan di bukit-bukit dan pencarian selalu dimulai dari puncak tertinggi

       8.      Barrier
Digunakan dengan menunggu atau mencegati dengan perhitungan yang pasti bahwa korban akan lewat kembali dengan melihat ketentuan lingkungan. Digunakan jika pencari tidak bisa mendekati lokasi korban.


Share this post

Tentang Paresmapa

Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati
BaseCamp: SMAN 1 Pati, Jl. Panglima Sudirman 24 Pati, kode pos 59113
email: paresmapa@gmail.com Google+. Facebook. Twitter.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 PARESMAPA || Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati ||. Template by Bloggertheme9
Powered by Paresmapa Team.
back to top