Selasa, 22 Agustus 2017

Posted at  10.56  |  in  

Tips Memilih Ransel


Ransel
Berikut hal-hal yg perlu di perhatikan saat memutuskan untuk membeli ransel.
Kapasitas Ransel
      Pilih ukuran ransel sesuai kebutuhan anda. Ransel untuk perjalanan sehari tentu berbeda ukurannya ketika anda akan melakukan perjalanan panjang yang memakan waktu hingga beberapa hari. Lokasi dimana kegiatan akan dilakukan juga sangat mempengaruhi pertimbangan dalam hal memilih jenis ransel yang akan anda pergunakan.

Untuk perjalanan singkat satu hari ke hutan atau gunung, ransel berukuran 30-40 liter cukup memadai sebagai tempat untuk membawa perlengkapan anda yang terbatas.
Untuk pendakian atau perjalanan yang mengharuskan anda menginap satu malam, ukuran 50-55 liter akan lebih baik, karena anda harus membawa perlengkapan yang lebih banyak.

Sedang untuk perjalanan panjang yang memakan waktu berhari-hari ukuran 65-70 liter merupakan ukuran yang cocok agar perlengkapan yang akan anda bawa seperti tenda, alat masak, makanan, dan pakaian dapat masuk ke dalamnya.

Jenis/Bentuk Ransel
          Banyak diantara kita melakukan kesalahan dalam memilih ransel yang cocok untuk badan kita bahkan lebih cenderung memilih berdasarkan kapasitas ransel. Padahal ransel besar belum tentu cocok dengan ukuran tubuh kita. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih ransel yang
cocok dengan tubuh kita adalah panjang “Torso” dari tubuh
Panjang “Torso” dari tubuh kita akan menunjukkan ukuran back system yang cocok dari sebuah ransel (Ukuran ransel XS, S, M, dan L)

Cara mengukur panjang dari Torso.
- Berdiri tegak dengan kaki selebar bahu
- Cari benjolan tulang yang ada di pangkal leher, di mana garis bahu bertemu dengan leher. Jika      susah, tundukan kepala kedepan agar lebih mudah menemukannya.
- Dari titik ini, pakai meteran untuk mengukur ke bawah sampai ke tonjolan dasar dari susunan
belakang yang bertemu dengan tulang pinggul.
- Ukuran yang di dapat menunjukkan ukuran ransel yang cocok digunajan.

Ukuran XS: panjang torso 35 – 39 cm
Ukuran S   : pajang torso 40 – 44 cm
Ukuran M  : panjang torso 45 – 49 cm
Ukuran L   : panjang torso 50 – 54 cm

Penyangga Beban
        Ketika memilih ransel, perhatikan benar penyangga bebannya ( tali penggendong ) apakah lebarnya cukup, jahitannya kuat dan dilapisi bantalan untuk kenyamanan pundak. Penyangga beban adalah faktor paling penting dari sebuah ransel karena harus diperhitungkan sesuai dengan kapasitas ransel dan penyangga yang baik membuat ransel stabil supaya bebannya merata di kedua pundak Anda.

Kantong Ransel
          Pilih carrier yang memiliki kantong quick express sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. misalnya kantong untuk menaruh botol minum, senter, ponco, dan barang yang sekiranya sering dipergunakan saat perjalanan.

(sumber : http://m.lapaktas.com)


Share this post

Tentang Paresmapa

Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati
BaseCamp: SMAN 1 Pati, Jl. Panglima Sudirman 24 Pati, kode pos 59113
email: paresmapa@gmail.com Google+. Facebook. Twitter.

0 komentar:

About-Privacy Policy-Contact us
Copyright © 2013 PARESMAPA || Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati ||. Template by Bloggertheme9
Powered by Paresmapa Team.
back to top