• Galeri

    Pencinta Alam Remaja SMA N 1 Pati

  • Prestasi

    Prestasi Paresmapa

  • Tentang PARESMAPA

    Sejarah

  • Artikel

    Berita Terbaru

  • Minggu, 17 Maret 2019


    Sedotan kertas atau  paper-straw ini memang terdengar asing bagi khalayak.namun, penggunaannya sudah mulai banyak disebarluaskan selain bertujuan mengurangi plastik menggunakan sedotan kertas juga merupakan alternatif bagi masyarakat untuk melestarikan lingkungan dan memulai budaya yang baru.
    Sedotan plastik sendiri meskipun sepele benda tersebut memiliki fakta yang membuat kalian para pembaca miris, berikut fakta-fakta sedotan plastik yang merugikan, lantas bagaimana jadinya jika penggunaannya diteruskan,
    1.                  Riset Jambeck di 2015 menyebutkan bahwa Indonesia ada di peringkat kedua dunia sebagai penghasil sampah plastik ke laut. Jumlahnya mencapai sebesar 1,29 juta ton per tahun atau setara dengan 215.000 gajah jantan Afrika dewasa. (femina, 2018)
    2.                  Walaupun sedotan plastik panjangnya hanya sekitar 10 cm, perlu 500 tahun lamanya agar sampah plastik tersebut bisa terurai secara alami.
    3.                  Starbucks menyebutkan dengan mengurangi satu miliar sedotan plastik yang dibuang per tahun diperkirakan akan menyelamatkan sebanyak 100.000 mamalia, khususnya yang hidup di laut dan pantai
    4.                   Terdapat lebih dari 11 miliar fragmen plastik mengendap di terumbu karang di Asia-Pasifik di mana kondisi terumbu karang di Indonesia lebih buruk karena pengelolaan sampah yang tidak berjalan dengan baik. (greeners.com)

    Dengan fakta-fakta diatas masyarakat pun mulai menyadari dampak buruk dari penggunaan sedotan plastik selama ini, sehingga banyak perusahaan makanan mulai mengurangi penggunaan sedotan plastik dan menggantinya dengan sedotan kertas atau tutup gelas karton yang memudahkan costumer tanpa sedotan
    Sebagian orang berpikir kalau kertas saja dikenai dengan air lembek, masa bisa sih dipake jadi sedotan? Menurut pengalaman penulis nih, bisa kok sedotan kertas dimanfaatin sebagai alternatif asal penggunaanya sesuai batas wajar aja, jangan digigit atau pun ditekan terus-menerus karena kertasnya akan loyo dan berubah menjadi lembek. Sedotan kertas bisa digunakan masyarakat umum kok, sedotan ini sudah di jual di minimarket sejuta umat di indonesia kok, jadi jangan khawatir jika sulit menemukan sedotan kertas.
    Tapi kalau pakai sedotan kertas terus menerus kan mahal? Gimana tuh ngarasinnya kalau pengen mengurangi sampah plastik tapijuga bisa dipake terus-menerus dengan harga yang relatif murah? Gampang banget orangtua penulis dan penulis sendiri ngakalinnya dengan cara membeli stainless-straw atau sedotan stainless-steel yang bisa digunakan berkali-kali dan bisa dicuci, namun menemukannya ini agak sulit, harganya berkisar 10.000-45.000 untuk sedotan stainless-steel ini.
    So, buat kalian yang mau mengurangi sampah plastik dimulai dari hal terkecil dan sepele dulu seperti sedotan dan yang lain seperti tempat makan, tempat minum, dan lain-lain. Jadi kalian tim yang mana? Paper-straw  atau stainkess-straw nih ? ayok jawab dengan cara komentar di blog ini yaa. 

    Sedotan kertas? Worth it gak sih?

    Posted at  22.56  |  in    |  Read More»


    Sedotan kertas atau  paper-straw ini memang terdengar asing bagi khalayak.namun, penggunaannya sudah mulai banyak disebarluaskan selain bertujuan mengurangi plastik menggunakan sedotan kertas juga merupakan alternatif bagi masyarakat untuk melestarikan lingkungan dan memulai budaya yang baru.
    Sedotan plastik sendiri meskipun sepele benda tersebut memiliki fakta yang membuat kalian para pembaca miris, berikut fakta-fakta sedotan plastik yang merugikan, lantas bagaimana jadinya jika penggunaannya diteruskan,
    1.                  Riset Jambeck di 2015 menyebutkan bahwa Indonesia ada di peringkat kedua dunia sebagai penghasil sampah plastik ke laut. Jumlahnya mencapai sebesar 1,29 juta ton per tahun atau setara dengan 215.000 gajah jantan Afrika dewasa. (femina, 2018)
    2.                  Walaupun sedotan plastik panjangnya hanya sekitar 10 cm, perlu 500 tahun lamanya agar sampah plastik tersebut bisa terurai secara alami.
    3.                  Starbucks menyebutkan dengan mengurangi satu miliar sedotan plastik yang dibuang per tahun diperkirakan akan menyelamatkan sebanyak 100.000 mamalia, khususnya yang hidup di laut dan pantai
    4.                   Terdapat lebih dari 11 miliar fragmen plastik mengendap di terumbu karang di Asia-Pasifik di mana kondisi terumbu karang di Indonesia lebih buruk karena pengelolaan sampah yang tidak berjalan dengan baik. (greeners.com)

    Dengan fakta-fakta diatas masyarakat pun mulai menyadari dampak buruk dari penggunaan sedotan plastik selama ini, sehingga banyak perusahaan makanan mulai mengurangi penggunaan sedotan plastik dan menggantinya dengan sedotan kertas atau tutup gelas karton yang memudahkan costumer tanpa sedotan
    Sebagian orang berpikir kalau kertas saja dikenai dengan air lembek, masa bisa sih dipake jadi sedotan? Menurut pengalaman penulis nih, bisa kok sedotan kertas dimanfaatin sebagai alternatif asal penggunaanya sesuai batas wajar aja, jangan digigit atau pun ditekan terus-menerus karena kertasnya akan loyo dan berubah menjadi lembek. Sedotan kertas bisa digunakan masyarakat umum kok, sedotan ini sudah di jual di minimarket sejuta umat di indonesia kok, jadi jangan khawatir jika sulit menemukan sedotan kertas.
    Tapi kalau pakai sedotan kertas terus menerus kan mahal? Gimana tuh ngarasinnya kalau pengen mengurangi sampah plastik tapijuga bisa dipake terus-menerus dengan harga yang relatif murah? Gampang banget orangtua penulis dan penulis sendiri ngakalinnya dengan cara membeli stainless-straw atau sedotan stainless-steel yang bisa digunakan berkali-kali dan bisa dicuci, namun menemukannya ini agak sulit, harganya berkisar 10.000-45.000 untuk sedotan stainless-steel ini.
    So, buat kalian yang mau mengurangi sampah plastik dimulai dari hal terkecil dan sepele dulu seperti sedotan dan yang lain seperti tempat makan, tempat minum, dan lain-lain. Jadi kalian tim yang mana? Paper-straw  atau stainkess-straw nih ? ayok jawab dengan cara komentar di blog ini yaa. 

    Selasa, 12 Maret 2019


    Sekarang aku mau kasih tau nih apa saja yang harus di persiapkan saat mau mendaki gunung agar terjaga keamannnya  sehingga nyaman.Yang harus disiapkan yaitu
    1. Fisik yang kuat
    Saat mendaki kita pasti membutuhkan fisik yang kuat karena medan saat mendaki gunung sangat terjal dan jalannya menanjak.sehingga sebelum mendaki gunung kita harus latihan rutin lari setiap pagi dan sore agar fisiknya sudah terbiasa sehingga tidak terjadi cidera/keram otot.
    2.carier
    Carier sangat penting dalam pendakian karena dengan membawa karier akan lebih praktis dan nyaman dalam pendakian.
    3. Makanan dan munuman
    Perbekalan saat mendaki sangat di perlukan karena pasti setelah sampai puncak para pendaki kehabisan tenaga sehingga membutukan makan dan minum . Sebaiknya memasak nasi disana agar energi nya cepat pulih.Jangan terlaku sering masak mie instan.
    4.kompor
    Kompor diperlukan untuk memasak saat sampai puncak.
    5. Tenda
    Tenda sangat diperlukan untuk tempat istirahat para pendaki.untuk memulihkan tenaga untuk perjalanan pulang.
    6. Pakaian tebal non jeans
    Jaket ,sarung tangan,topi yang menutup telinga ,celana kain non jeans.
    7.Obat obatan
    Jangan lupa nembawa obat" an pribadi  saat melakukan .
    Terima kasih atas perhatiannya ,wassallamualikum warohmatullahi wabarokatuh
                          SEMAKIN MATANG PERSIAPAN😊😊
                          SEMAKIN AMAN PENDAKIAN!!!


    Apasih yang diperlukan saat mau muncak ?

    Posted at  10.31  |  in    |  Read More»


    Sekarang aku mau kasih tau nih apa saja yang harus di persiapkan saat mau mendaki gunung agar terjaga keamannnya  sehingga nyaman.Yang harus disiapkan yaitu
    1. Fisik yang kuat
    Saat mendaki kita pasti membutuhkan fisik yang kuat karena medan saat mendaki gunung sangat terjal dan jalannya menanjak.sehingga sebelum mendaki gunung kita harus latihan rutin lari setiap pagi dan sore agar fisiknya sudah terbiasa sehingga tidak terjadi cidera/keram otot.
    2.carier
    Carier sangat penting dalam pendakian karena dengan membawa karier akan lebih praktis dan nyaman dalam pendakian.
    3. Makanan dan munuman
    Perbekalan saat mendaki sangat di perlukan karena pasti setelah sampai puncak para pendaki kehabisan tenaga sehingga membutukan makan dan minum . Sebaiknya memasak nasi disana agar energi nya cepat pulih.Jangan terlaku sering masak mie instan.
    4.kompor
    Kompor diperlukan untuk memasak saat sampai puncak.
    5. Tenda
    Tenda sangat diperlukan untuk tempat istirahat para pendaki.untuk memulihkan tenaga untuk perjalanan pulang.
    6. Pakaian tebal non jeans
    Jaket ,sarung tangan,topi yang menutup telinga ,celana kain non jeans.
    7.Obat obatan
    Jangan lupa nembawa obat" an pribadi  saat melakukan .
    Terima kasih atas perhatiannya ,wassallamualikum warohmatullahi wabarokatuh
                          SEMAKIN MATANG PERSIAPAN😊😊
                          SEMAKIN AMAN PENDAKIAN!!!


    Selasa, 05 Maret 2019

    Mendaki gunung memang kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Tapi, mendaki gunung juga ada resikonya. Salah satunya saat hujan, yang paling ditakuti pendaki adalah petir. Petir memang sangat menakutkan. Nah, ada beberapa tips and trick untuk menghindari petir saat mendaki.

    1. Hindari berlindung dibawah pohon tinggi, karena pada saat petir memyambar aliran listrik akan merambat dari tanah.
    2. Matikan alat pemancar gelombang, seperti ponsel, HT, GPS, radio, dll. Alat tsb bisa memancing petir untuk menyambar.
    3. Jangan mendirikan tenda ditempat yang terbuka
    4. Hindari pemakaian aksesoris berbahan logam. Karena logam dapat menangkap kilat.
    5. Alasi tubuh menggunakan matras, ransel, dan alas lainnya. Hal ini agar tubuh tidak bersentuhan langsung dengan tanah

    Nah itu merupakan tips and trick menghindari petir saat mendaki di gunung. Semoga bermanfaat..

    Ada Petir Saat Mendaki?

    Posted at  17.27  |  in    |  Read More»

    Mendaki gunung memang kegiatan yang asyik dan menyenangkan. Tapi, mendaki gunung juga ada resikonya. Salah satunya saat hujan, yang paling ditakuti pendaki adalah petir. Petir memang sangat menakutkan. Nah, ada beberapa tips and trick untuk menghindari petir saat mendaki.

    1. Hindari berlindung dibawah pohon tinggi, karena pada saat petir memyambar aliran listrik akan merambat dari tanah.
    2. Matikan alat pemancar gelombang, seperti ponsel, HT, GPS, radio, dll. Alat tsb bisa memancing petir untuk menyambar.
    3. Jangan mendirikan tenda ditempat yang terbuka
    4. Hindari pemakaian aksesoris berbahan logam. Karena logam dapat menangkap kilat.
    5. Alasi tubuh menggunakan matras, ransel, dan alas lainnya. Hal ini agar tubuh tidak bersentuhan langsung dengan tanah

    Nah itu merupakan tips and trick menghindari petir saat mendaki di gunung. Semoga bermanfaat..

    Sabtu, 23 Februari 2019

    What is Bias Gender?
    Apa itu Bias Gender?
    Bias gender bukan suatu frasa yang asing bukan? Kita sering mendengarnya. Namun, apa kalian tahu arti bias gender? Di sini, kita akan bahas apa itu bias gender.

    Bias gender berarti perbedaan peran, fungsi, tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan yang dibentuk, dibuat dan dikonstruksi oleh masyarakat dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman akibat konstruksi social. Dengan perkembangan zaman saat ini, bias gender perlahan mulai ditinggalkan, namun masih saja laki-laki dan perempuan cenderung diperlakukan berbeda.
    Sebelum lanjut, aku mau ngasih tahu bahwa gender dengan seks adalah berbeda. Gender merupakan penggolongan seseorang berdasarkan sifatnya. Gender terbentuk dari masyarakat. Sedangkan seks merupakan perbedaan jenis kelamin antara laki-laki dengan perempuan.
    Derajat laki-laki dan perempuan itu sama dalam semua bidang kehidupan. Laki-laki tidak harus selalu melakukan A dan perempuan tidak selalu melakukan B. Contohnya aja memasak, memasak memang identik dengan perempuan. Namun, jika suatu saat ibu sedang sakit dan tidak dapat memasak, ayah dapat mengambil alih pekerjaan ibu. 

    Oleh karena itu kita tidak dapat mengartikan bias gender sebagai perbedaan jenis kelamin melainkan penggolongan seseorang berdasarkan sifatnya.

    What is Bias Gender?

    Posted at  09.35  |  in    |  Read More»

    What is Bias Gender?
    Apa itu Bias Gender?
    Bias gender bukan suatu frasa yang asing bukan? Kita sering mendengarnya. Namun, apa kalian tahu arti bias gender? Di sini, kita akan bahas apa itu bias gender.

    Bias gender berarti perbedaan peran, fungsi, tanggung jawab antara laki-laki dan perempuan yang dibentuk, dibuat dan dikonstruksi oleh masyarakat dan dapat berubah sesuai dengan perkembangan zaman akibat konstruksi social. Dengan perkembangan zaman saat ini, bias gender perlahan mulai ditinggalkan, namun masih saja laki-laki dan perempuan cenderung diperlakukan berbeda.
    Sebelum lanjut, aku mau ngasih tahu bahwa gender dengan seks adalah berbeda. Gender merupakan penggolongan seseorang berdasarkan sifatnya. Gender terbentuk dari masyarakat. Sedangkan seks merupakan perbedaan jenis kelamin antara laki-laki dengan perempuan.
    Derajat laki-laki dan perempuan itu sama dalam semua bidang kehidupan. Laki-laki tidak harus selalu melakukan A dan perempuan tidak selalu melakukan B. Contohnya aja memasak, memasak memang identik dengan perempuan. Namun, jika suatu saat ibu sedang sakit dan tidak dapat memasak, ayah dapat mengambil alih pekerjaan ibu. 

    Oleh karena itu kita tidak dapat mengartikan bias gender sebagai perbedaan jenis kelamin melainkan penggolongan seseorang berdasarkan sifatnya.

    Senin, 18 Februari 2019


    Tanaman jarak tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita, namun tahukah kita bahwa tanaman jarak tidak hanya tanaman yang kaya manfaat tapi juga tanaman yang cukup berbahaya. Tanaman yang dengan nama ilmiah Ricinus communis ini memiliki (risin) zat beracun mematikan pada bagian biji buahnya.
    Satu butir biji jarak bisa membunuh seorang remaja. Namun seseorang tidak akan keracunan jika menelan bulat-bulat biji jarak, karena biji memiliki lapisan pelindung untuk melindungi inti biji. Meski begitu, sesorang bisa saja keracunan jika membakar biji jarak, membelah cangkng dan mengkonsumsi isinya.
    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengelompokkan racun risin dalam kategori ancaman Klas B. Peringkat ini satu tingkat di bawah ancaman virus antraks, botulisme, dan pes. Risin ini bekerja dengan membunuh dan menghalangi sel yang berada dalam tubuh manusia untuk membuat protei yang dituhkan oleh tubuh.
    Walaupun sesorang tidak akan keracunan bila menelan biji jarak secara utuh-utuh namun tidak ada salahnya juga bila kita mengetahui gejala keracunan dari tanaman jarak ini. Gejala yang timbul bila seseorang terpapar risin melalui jalur udara (pernafasan) adalah batuk, kesulitan bernafas, demam, mual, muntah, kulit berwarna kebiru-biruan, da tekanan darah rendah. Sedangkan apabila sesorang terpapar risin melalui jalur pencernaan (mulut) akan menimbulkan gejala awal seperti diare, dehidrasi, tekanan darah rendah, halusinanasi, dan darah dalam urin.

    Meskipun beracun, tanaman jarak ini juga memiliki banyak manfaat.  Diantaranya adalah :
         1.  Daun jarak pagar untuk mengatasi BAB
    Caranya adalah dengan mengukus daun jarak tersebut dan menjadikannya lalapan.
         2. Daun jarak untuk mengobati sariawan
    Caranya adalah dengan mengoleskan getan daun jarak pagar pada bagian yang terkena sariawan.
         3. Daun jarak untuk menghilangkan kurap
    Caranya adalah dengan mencuci bersih daun jarak, kemudian rendam di dalam minyak kelapa selama beberapa jam. Setelah itu panaskan minyak dan daun tersebut. Jika sudah siap, minyak daun jarak bisa dioleskan dibagian permukaan kulit yng terkena kurap.

    Dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman jarak. Setelah membaca artikel ini, kita tentu tahu bahwa tanaman jarak tidak hanya bermanfaat namun dapat menjadi racun yang mematikan bila kita tidak dapat menggunakannya secara bijak. Oleh karena itu kita harus berhati hati dalam mengolah dan memanfaatkannya.
    Sampai disini dulu penjelasan tentang tanaman jarak. Semoga kita dapat mengambil manfaat dari artikel tersebut, sampai jumpa.

    Tanaman Bermanfaat dan Juga Mematikan

    Posted at  18.39  |  in    |  Read More»


    Tanaman jarak tentu sudah tidak asing lagi ditelinga kita, namun tahukah kita bahwa tanaman jarak tidak hanya tanaman yang kaya manfaat tapi juga tanaman yang cukup berbahaya. Tanaman yang dengan nama ilmiah Ricinus communis ini memiliki (risin) zat beracun mematikan pada bagian biji buahnya.
    Satu butir biji jarak bisa membunuh seorang remaja. Namun seseorang tidak akan keracunan jika menelan bulat-bulat biji jarak, karena biji memiliki lapisan pelindung untuk melindungi inti biji. Meski begitu, sesorang bisa saja keracunan jika membakar biji jarak, membelah cangkng dan mengkonsumsi isinya.
    Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat mengelompokkan racun risin dalam kategori ancaman Klas B. Peringkat ini satu tingkat di bawah ancaman virus antraks, botulisme, dan pes. Risin ini bekerja dengan membunuh dan menghalangi sel yang berada dalam tubuh manusia untuk membuat protei yang dituhkan oleh tubuh.
    Walaupun sesorang tidak akan keracunan bila menelan biji jarak secara utuh-utuh namun tidak ada salahnya juga bila kita mengetahui gejala keracunan dari tanaman jarak ini. Gejala yang timbul bila seseorang terpapar risin melalui jalur udara (pernafasan) adalah batuk, kesulitan bernafas, demam, mual, muntah, kulit berwarna kebiru-biruan, da tekanan darah rendah. Sedangkan apabila sesorang terpapar risin melalui jalur pencernaan (mulut) akan menimbulkan gejala awal seperti diare, dehidrasi, tekanan darah rendah, halusinanasi, dan darah dalam urin.

    Meskipun beracun, tanaman jarak ini juga memiliki banyak manfaat.  Diantaranya adalah :
         1.  Daun jarak pagar untuk mengatasi BAB
    Caranya adalah dengan mengukus daun jarak tersebut dan menjadikannya lalapan.
         2. Daun jarak untuk mengobati sariawan
    Caranya adalah dengan mengoleskan getan daun jarak pagar pada bagian yang terkena sariawan.
         3. Daun jarak untuk menghilangkan kurap
    Caranya adalah dengan mencuci bersih daun jarak, kemudian rendam di dalam minyak kelapa selama beberapa jam. Setelah itu panaskan minyak dan daun tersebut. Jika sudah siap, minyak daun jarak bisa dioleskan dibagian permukaan kulit yng terkena kurap.

    Dan masih banyak lagi manfaat dari tanaman jarak. Setelah membaca artikel ini, kita tentu tahu bahwa tanaman jarak tidak hanya bermanfaat namun dapat menjadi racun yang mematikan bila kita tidak dapat menggunakannya secara bijak. Oleh karena itu kita harus berhati hati dalam mengolah dan memanfaatkannya.
    Sampai disini dulu penjelasan tentang tanaman jarak. Semoga kita dapat mengambil manfaat dari artikel tersebut, sampai jumpa.


    Halo sobat paresmapa, jumpa lagi nii sama kita di blog Paresmapa. Seperti judulnya saat ini yaitu "Menaksir Kedalaman Sungai?  Emang Bisa?" emm, bisa ga ya kira kira? Kalo menurut kalian sendiri, nih, bisa ga, sih menaksir kedalaman sungai? Maksut dari judul ini sendiri yaitu ngukur kedalaman sungai pake cara manual. Misal kalo pas kita muncak ni, ya kan, kita nemu sungai tapi kita ga tau seberapa dalem sih sungai itu, ga mungkin kan kalo kita ngukurnya harus masuk ke sungainya? Sedangkan kita aja ga tau seberapa dalem sungai itu. Oke, dari pada kelamaan nih, langsung aja kita kasih tahu caranya. 

    Menaksir Tinggi Permukaan Sungai bisa dilakukan dengan menggunakan batang ranting
    1. kondisi sungai di hilir/muara berbeda dengan kondisi di hulu, oleh sebab itu, cara pnaksiran yang dilakukan sedikit berbeda dengan kondidi sungai yang ada di hulu. 
    2. Ambil galah yang cukup panjang dan masukan ke dalam sungai.
    3. Galah yang dimasukan ke dalam air harus dalam posisi tegak lurus
    4. akuan pengukuran di berbagai tempat agar diketahui berbagai perbedaan titik terdalam.

    Gimana? Mudah banget kan??? 

    Menaksir Kedalaman Sungai? Memang Bisa?

    Posted at  18.37  |  in    |  Read More»


    Halo sobat paresmapa, jumpa lagi nii sama kita di blog Paresmapa. Seperti judulnya saat ini yaitu "Menaksir Kedalaman Sungai?  Emang Bisa?" emm, bisa ga ya kira kira? Kalo menurut kalian sendiri, nih, bisa ga, sih menaksir kedalaman sungai? Maksut dari judul ini sendiri yaitu ngukur kedalaman sungai pake cara manual. Misal kalo pas kita muncak ni, ya kan, kita nemu sungai tapi kita ga tau seberapa dalem sih sungai itu, ga mungkin kan kalo kita ngukurnya harus masuk ke sungainya? Sedangkan kita aja ga tau seberapa dalem sungai itu. Oke, dari pada kelamaan nih, langsung aja kita kasih tahu caranya. 

    Menaksir Tinggi Permukaan Sungai bisa dilakukan dengan menggunakan batang ranting
    1. kondisi sungai di hilir/muara berbeda dengan kondisi di hulu, oleh sebab itu, cara pnaksiran yang dilakukan sedikit berbeda dengan kondidi sungai yang ada di hulu. 
    2. Ambil galah yang cukup panjang dan masukan ke dalam sungai.
    3. Galah yang dimasukan ke dalam air harus dalam posisi tegak lurus
    4. akuan pengukuran di berbagai tempat agar diketahui berbagai perbedaan titik terdalam.

    Gimana? Mudah banget kan??? 

    Minggu, 03 Februari 2019


    Sering kali kita jumpai beberapa tanaman yang terlihat menarik untuk dimakan pada saat akan mendaki atau disentuh. Namun, kita harus waspada. Tidak semua tanaman yang menarik dapat dimakan loh. Sebelum membahas tentang beberapa tanaman beracun, kita harus mengenali ciri tanaman-tanaman yang tidak dapat dimakan/beracun.
    Ciri-ciri tanaman beracun:
    1. Warnanya mencolok
    Beberapa tanaman beracun umumnya, memiliki warna yang mencolok. Oleh karena itu, kita harus menghindari memakan tumbuhan yang berwarna mencolok
    2. Tidak didekati oleh hewan
    Tanaman tidak beracun sering kali dimakan satwa. Maka dari itu, tanaman yang dijauhi oleh hewan bisa jadi termasuk dalam tanaman beracun
    3. Berbau tidak sedap
    4. Memiliki getah
    Banyak sekali tanaman yang bergetah. Maka, kita harus berhati-hati dalam memilih tanaman yang beracun atau tidak. Tanaman yang bergetah dapat membuat kulit gatal.
    5. Berbulu atau memiliki permukaan yang kasar
    6. Berduri


    Berikut ini beberapa  tanaman beracun yang banyak ditemui di hutan:
    1. Tanaman jarak
    Tanaman jarak merupakan tanaman yang sudah diakui salah satu tanaman yang sangat beracun di dunia. Bagian tanaman jarak atau yang biasa dikenal tanaman cator adalah ada pada bijinya. Kita harus lebih berhati-hati. Karena getah tanaman ini bisa digunakan untuk obat tradisional namun tidak dengan bijinya. Bijinya sangat beracun dan bisa sampai membuaat mati.
    2. Gympie-Gympie
    Tanaman ini sering disebut dengan tanaman penyengat. Karena sedikit saja terkena tangan bisa membuat tangan merasakan panas yang luar biasa dan tidak bisa hilang sampai berbulan-bulan. Bila anda memasuki hutan dan menemukan tanaman ini segeralah menjauh. Tanaman ini biasa ditemui di hutan Maluku, Indonesia.
    3. Belladonna atau berry iblis.
    Tanaman berikut ini memang sangat menarik. Warnanya yang kehitaman memang hampir sama dengan berry-berry pada umumnya. Tetapi, jangan salah karena tumbuhan yang berasal dari Eropa ini sangat beracun. Apabila kita memakan berry ini efek yang ditimbulkan adalah hilangnya suara, mulut kering, pusing, kesulitan bernafas, dan keang-kejang. Seluruh bagian tumbuhan ini beracun. Yang paling beracun adalah ada pada buahnya. Buahnya yang manis mudah menarik perhatian. Namun, jika kita memakan 10-20 butir buahnya saja bisa mematikan orang dewasa. Demikian juga daunnya, 1 helai daunnya bisa mematikan orang dewasa.

    Mungkin baru itu saja. Masih banyak sekali tanaman beracun yang menarik dan banyak kita jumpai. Jadi tetap waspada dan kenali ciri-cirinya.

    Jangan Makan Aku!

    Posted at  20.48  |  in    |  Read More»


    Sering kali kita jumpai beberapa tanaman yang terlihat menarik untuk dimakan pada saat akan mendaki atau disentuh. Namun, kita harus waspada. Tidak semua tanaman yang menarik dapat dimakan loh. Sebelum membahas tentang beberapa tanaman beracun, kita harus mengenali ciri tanaman-tanaman yang tidak dapat dimakan/beracun.
    Ciri-ciri tanaman beracun:
    1. Warnanya mencolok
    Beberapa tanaman beracun umumnya, memiliki warna yang mencolok. Oleh karena itu, kita harus menghindari memakan tumbuhan yang berwarna mencolok
    2. Tidak didekati oleh hewan
    Tanaman tidak beracun sering kali dimakan satwa. Maka dari itu, tanaman yang dijauhi oleh hewan bisa jadi termasuk dalam tanaman beracun
    3. Berbau tidak sedap
    4. Memiliki getah
    Banyak sekali tanaman yang bergetah. Maka, kita harus berhati-hati dalam memilih tanaman yang beracun atau tidak. Tanaman yang bergetah dapat membuat kulit gatal.
    5. Berbulu atau memiliki permukaan yang kasar
    6. Berduri


    Berikut ini beberapa  tanaman beracun yang banyak ditemui di hutan:
    1. Tanaman jarak
    Tanaman jarak merupakan tanaman yang sudah diakui salah satu tanaman yang sangat beracun di dunia. Bagian tanaman jarak atau yang biasa dikenal tanaman cator adalah ada pada bijinya. Kita harus lebih berhati-hati. Karena getah tanaman ini bisa digunakan untuk obat tradisional namun tidak dengan bijinya. Bijinya sangat beracun dan bisa sampai membuaat mati.
    2. Gympie-Gympie
    Tanaman ini sering disebut dengan tanaman penyengat. Karena sedikit saja terkena tangan bisa membuat tangan merasakan panas yang luar biasa dan tidak bisa hilang sampai berbulan-bulan. Bila anda memasuki hutan dan menemukan tanaman ini segeralah menjauh. Tanaman ini biasa ditemui di hutan Maluku, Indonesia.
    3. Belladonna atau berry iblis.
    Tanaman berikut ini memang sangat menarik. Warnanya yang kehitaman memang hampir sama dengan berry-berry pada umumnya. Tetapi, jangan salah karena tumbuhan yang berasal dari Eropa ini sangat beracun. Apabila kita memakan berry ini efek yang ditimbulkan adalah hilangnya suara, mulut kering, pusing, kesulitan bernafas, dan keang-kejang. Seluruh bagian tumbuhan ini beracun. Yang paling beracun adalah ada pada buahnya. Buahnya yang manis mudah menarik perhatian. Namun, jika kita memakan 10-20 butir buahnya saja bisa mematikan orang dewasa. Demikian juga daunnya, 1 helai daunnya bisa mematikan orang dewasa.

    Mungkin baru itu saja. Masih banyak sekali tanaman beracun yang menarik dan banyak kita jumpai. Jadi tetap waspada dan kenali ciri-cirinya.

    About-Privacy Policy-Contact us
    Copyright © 2013 PARESMAPA || Pencinta Alam Remaja SMA Negeri 1 Pati ||. Template by Bloggertheme9
    Powered by Paresmapa Team.
    back to top